Mantan Kiper Spanyol Casillas Resmi Pensiun

Mantan kiper Real Madrid dan timnas Spanyol, Iker Casillas, resmi menyatakan pensiun dari dunia sepak bola.

Casillas mengumumkan pensiun dari lapangan hijau melalui pernyataan yang ia sampaikan via akun Twitter pribadinya pada Selasa (4/8/2020).

Dalam cuitannya, Casillas mengatakan bahwa sepak bola telah menjadi tujuan dan impiannya.

“Hal paling penting adalah jalan yang Anda ambil dan orang-orang yang menemani Anda, bukan tempat yang Anda tuju,” tulis Casillas.

“Dengan kombinasi kerja dan usaha, tujuan itu akan datang dengan sendirinya, dan saya bisa mengatakan tanpa ragu, bahwa itu telah menjadi impian dan tujuan.”

Casillas yang lahir di Madrid pada 20 Mei 1981 merupakan produk asli akademi Real Madrid yang dikenal dengan sebutan La Fabricia.

Ia melakoni debut bersama tim senior Real Madrid pada usia 18 tahun 177 hari saat diturunkan pada pertandingan Liga Champions menghadapi Olympiakos, 15 September 1999.

Tiga hari kemudian, Casillas mencatatkan laga pertamanya di ajang La Liga Spanyol saat Real Madrid melakoni laga tandang ke markas Athletic Bilbao.

Casillas menghabiskan 16 tahun membela Real Madrid dan sukses meraih beragam gelar bergengsi.

Sejumlah gelar prestisus yang pernah diraih Casillas semasa berseragam Real Madrid di antaranya adalah lima trofi La Liga, dua Copa del Rey, empat Supercopa de Espana, dan tiga Liga Champions.

Setelah lebih dari satu dekade mengawal gawang Real Madrid, Casillas kemudian dilepas pada akhir musim 2014-2015.

Ia kemudian melanjutkan kariernya di Liga Portugal dengan memperkuat FC Porto.

Pada Mei 2019, Casillas sempat mengalami serangan jantung. Setelah pulih, ia tetap masuk skuad FC Porto untuk musim 2019-2020 meski tidak pernah bermain.

Casillas pun sempat mengikuti perayaan FC Porto yang sukses menjuarai Liga Primeira Portugal 2019-2020.

Tak hanya sukses di level klub, Casillas juga menorehkan prestasi gemilang di level internasional, di mana ia turut membantu timnas Spanyol menjuarai Euro 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010.

Sementara itu, Real Madrid yang menjadi klub tempat Casillas menimba ilmu sepak bola sejak usia 9 tahun menyampaikan terima kasih kepada sang legenda.

“Menyusul pengumuman Iker Casillas yang mundur dari sepak bola profesional, Real Madrid ingin menunjukkan pengakuan, kekaguman, dan kasih sayang untuk salah satu legenda terbesar klub dan sepak bola dunia.”

“Iker Casillas berada di jantung Real Madrid, selamanya. Kami menyampaikan ini kepadanya dan juga keluarganya, serta klub ini yang telah menjadi bagian dalam hidupnya,” bunyi pernyataan resmi Real Madrid.