Keylor Navas atau Thibaut Courtois Mana Yang Lebih Baik

Pertandingan PSG vs Real Madrid pada matchday pertama Grup A Liga Champions 2019/2020 menyisakan banyak cerita. Salah satunya adalah pembuktian siapa yang terbaik, Keylor Navas atau Thibaut Courtois.

PSG mampu mengalahkan Real Madrid dengan skor telak 3-0 pada laga di Parc des Princes, Kamis (19/9/2019) dini hari WIB. Angel Di Maria mencetak dua gol dan satu gol PSG lain dicetak oleh Thomas Meunier.

Angel Di Maria menjadi bintang di laga ini karena mampu mencetak dua gol. Menariknya, pemain asal Argentina tersebut pernah membela Real Madrid dan ‘terbuang’ dari skuat utama beberapa tahun lalu.

Bukan hanya Di Maria yang punya status ‘terbuang’ dari Real Madrid di skuat PSG. Ada pula Keylor Navas yang harus pindah karena tergusur oleh Thibaut Courtois.

Kedatangan Courtois ke Real Madrid pada musim 2018/2019 lalu membuat posisi Keylor Navas terpinggirkan. Bahkan, sebenarnya, Navas sudah diragukan oleh Real Madrid sejak musim sebelumnya. Kapasitasnya selalu dianggap remeh oleh klub.

Penjaga gawang asal Kosta Rika tersebut akhirnya pindah ke PSG pada awal musim 2019/2020, setelah lebih akrab dengan bangku cadangan di Madrid. Tidak lama setelah pindah, dia langsung bertemu dengan PSG.

Keylor Navas dan Courtois menjadi pemain inti dalam duel Real Madrid vs PSG. Hasil akhir, Navas tidak kebobolan dan Courtois harus tiga kali memungut bola dari gawangnya.

Dari statistik, Courtois memang cukup buruk pada awal musim 2019/2020 ini. Seperti dikutip dari Squawka, penjaga gawang asal Belgia tersebut telah kebobolan sembilan gol dari lima laga. Courtois pun belum mencatat cleansheet di Real Madrid.

Sedangkan, Navas mampu tampil cukup bagus dari sisi statistik. Gawang kiper berusia 32 tahun belum sekalipun kebobolan dari dua laga yang dimainkan bersama PSG.

Berdasar pada catatan di atas, apakah Keylor Navas lebih baik dari PSG? Belum tentu juga. Sebab, jika merujuk pada statistik laga PSG vs Real Madrid, tidak banyak ancaman yang dilakukan oleh pemain Real Madrid.

Dinukil dari Whoscored, Para pemain Real Madrid mampu melepaskan 10 ancaman ke gawang PSG, tetapi tidak ada satu pun yang tepat sasaran ke gawang Keylor Navas. Sembilan ancaman melenceng dan satu diblok oleh pemain PSG.

Dengan catatan tersebut, maka Keylor Navas sejatinya cukup ‘santai’ pada duel PSG vs Real Madrid. Navas tidak sekalipun melakukan penyelamatan, karena memang tidak mendapat ancaman tepat ke gawangnya.

Sementara itu, Courtois mampu membuat dua penyelamatan dari lima serangan tepat ke gawang yang dibangun pemain PSG.