Jan Oblak vs Thibaut Courtois, Siapa yang Layak Jadi Kiper Terbaik La Liga Spanyol?

Prediksi Skor La Liga – Persaingan di La Liga bukan hanya berlaku di level klub, tetapi juga secara individu. Salah satunya untuk kiper terbaik La Liga. Kini, ada dua kandidat utama yakni Thibaut Courtois dan Jan Oblak.

Persaingan La Liga musim 2019/2020 berjalan sangat ketat. Hingga paruh musim berjalan, Barcelona dan Real Madrid berada di posisi paling atas klasemen. Keduanya meraih 40 poin, dengan Barcelona unggul selisih gol.

Sedangkan, Atletico Madrid berada di posisi ketiga dengan meraih 35 poin. Jumlah poin yang didapat Atletico sama dengan Sevila. Atletico punya posisi klasemen lebih baik karena unggul selisih gol.

Persaingan juga terjadi untuk gelar kiper terbaik atau Zamora Trophies. Dalam empat musim terakhir, gelar itu jatuh pada nama yang sama yakni Jan Oblak. Lalu, bagaimana dengan musim 2019/2020 ini?

Thibaut Courtois vs Jan Oblak

Jan Oblak masih menjadi unggulan untuk meraih Zamora Trophies pada musim 2019/2020. Andai meraihnya lagi, maka Jan Oblak akan meraih lima gelar kiper terbaik La Liga secara beruntun.

Namun, musim ini Jan Oblak mendapat persaingan ketat dari Thibaut Courtois. Sebab, kiper milik Real Madrid itu tampil begitu prima usai terseok-seok pada musim pertamanya.

Pada musim 2018/2019 lalu, Courtois tidak mampu tampil bagus. Dia harus rela melihat gawangnya kebobolan 36 gol. Padahal, Courtois hanya bermain pada 27 pertandingan saja. Rasio kebobolan Courtois sangat besar.

Namun, performa Courtois meningkat drastis pada musim 2019/2020. Courtois kini baru kebobolan sembilan gol dari 16 laga yang dimainkan di La Liga. Rasio kebobolan eks kiper Chelsea itu hanya 0,56 gol per laga.

Sedangkan, Jan Oblak kini baru kebobolan 12 gol dari 19 laga yang sudah dimainkan di Liga. Kiper berusia 27 tahun punya rasio kebobolan 0,63 gol per laga. Untuk sementara, dia masih tertinggal dari Courtois.