Inggris Melarang Anak Usia 12 Tahun Kebawah Menyundul Bola

London – The Football Association atau FA sebagai badan sepakbola di Inggris punya aturan baru. Anak-anak di bawah usia 12 tahun dilarang menyundul bola.

Dilansir dari talksport, Fa punya aturan baru yang berlaku di Inggris, Irlandia Utara, dan Skotlandia. Anak-anak yang main di klub sepakbola di bawah usia 12 tahun dilarang menyundul bola.

Sebuah studi dari FIELD menjelaskan, mantan pemain sepakbola tiga setengah kali meninggal dunia lebih cepat dibanding orang biasa akibat penyakit neurodegeneratif yakni penyakit pada otak. Itu dikarenakan seringnya menyundul bola dan berbenturan dalam merebutkan bola-bola atas dalam pertandingan.

Aturan tersebut akan segera diberlakukan tahun ini. Aturannya dinilai bisa mengurangi risiko penyakit tersebut.

“Ini adalah suatu revolusi untuk menjaga para pemain sepakbola dari usia dini tanpa mengurangi kesenangan mereka untuk bermain,” ujar Kepala Eksekutif FA, Mark Bullingham.

“Kami punya tanggung jawab untuk melindungi para atlet sepakbola,” tambahnya.

Ketua eksekutif FA Irlandia, Patrick Nelson menyetujui aturan tersebut. Anak-anak yang bermain di klub sepakbola di bawah usia 12 sejatinya adalah bibit-bibit unggul dan punya masa depan yang masih panjang.

“Ini adalah keputusan yang tepat,” tegasnya