Demi Ansu Fati, Manchester United Akan Pecahkan Rekor Transfer Dunia

Barcelona bersiap hadapi ambisi Manchester United yang ingin pecahkan rekor transfer dunia, sekali lagi, untuk bintang mudanya, Ansu Fati.

Diungkapkan Express, United telah diperingatkan bahwa mereka harus pecahkan rekor transfer dunia sebesar 355 Juta Poundsterling (sekitar Rp 6,2 Trilyun) jika ingin merebut Ansu Fati dari Blaugrana.

United terus memantau pemain sayap timnas muda Spanyol yang disebut-sebut sebagai bintang besar sepak bola di masa datang tersebut, setelah ia tinggalkan akademi Barca yang tak pernah kekurangan pemain berbakat.

Fati yang lahir di Guinea-Bissau, Afrika Barat, teken kontra profesional pertamanya di Barca pada musim panas tahun lalu, dan langsung menjadi pemain termuda yang pernah mencetak gol untuk klub raksasa Catalan itu pada bulan Agustus berikutnya.

Ansu Fati sudah mencetak enam gol dalam 26 penampilannya sejauh musim ini, yang membuat Manchester United siap gelontorkan 135 Juta Pounds (Rp 2,3 Trilyun) untuk pemain tersebut.

Barcelona sebelumnya juga telah menolak tawaran pertama United yang sebesar 85 Juta Pounds (sekitar Rp 1,5 Trliyun), da tak ingin berbisnis dengan salah satu klub papan atas Inggris tersebut berapapun uang yang dikipas-kipaskan Ed Woodward di hadapan mereka.

Satu-satunya cara agar Ansu Fati bisa tinggalkan Camp Nou adalah jika – dan itu sangat tidak mungkin, United memenuhi nilai klausul pelepasan dalam kontrak bintang berusia 17 tahun itu yang sekitar Rp 6,2 Trilyun tersebut.

Pelatih Ole Gunnar Solskjaer sebelumnya mengaku siap habiskan dana besar untuk datangkan pemain baru pada musim panas ini, sebelum pandemi coronavirus. Dia kemudian membidik sejumlah nama besar seperti Jadon Sancho, Jack Grealish dan James Maddison.

Tapi, krisis keuangan yang melanda dunia sepak bola tampaknya secara dramatis akan mengubur niat Solskjaer tersebut. Sejumlah klub – termasuk klub-klub besar, diperkirakan bakal habiskan dana lebih sedikit dari biasanya di bursa transfer musim panas ini.

Namun, Manchester United kemungkinan menjadi salah satu kekuatan yang masih mampu menggelontorkan dana besar, dan bisa tertarik untuk menyamai tim-tim lain seperti Chelsea di jendela transfer. Setan Merah bisa tersaingi untuk datangkan pemain baru, setelah the Blues dapatkan Timo Werner dan Hakim Ziyech untuk musim depan.

Sancho tetap menjadi target utama United di musim panas ini.  Tapi, Borussia Dortmund tampaknya semakin percaya diri untuk mempertahankan pemain muda asal Inggris tersebut, sehingga MU bisa segera alihkan upayanya pada Ansu Fati. Meskipun, biaya yang diminta akan membuat mereka sulit menyetujui kesepakatan dengan Barcelona.