Dele Alli Kena Sanksi dari FA dan Tidak Bisa Perkuat Tottenham Hotspur Melawan Manchester United

Tottenham Hotspur dipastikan tidak bisa full team saat menghadapi Manchester United. Gelandang mereka, Dele Alli harus absen di laga tersebut karena mendapatkan sanksi dari FA.

Sanksi FA itu dijatuhkan kepada Dele Alli karena unggahan sang gelandang beberapa pekan yang lalu. Ia mengunggah video di akun snapchatnya, di mana video itu dinilai mengejek orang keturunan Asia.

Meski sudah menghapus unggahan itu, Alli tetap diproses oleh FA. Pada hari ini, Kamis (11/6) pihak FA sudah mengambil putusan terkait kasus Alli ini.

Mereka resmi menghukum sang gelandang tidak boleh bermain sebanyak satu laga. “Berdasarkan hasil sidang regulasi Independen, The Football Association sudah menginformasikan klub bahwa Dele Alli dijatuhi hukuman larangan bermain selama satu pertandingan,” buka pernyataan resmi Tottenham.

Hukuman dilarang bermain bukan satu-satunya sanksi yang didapatkan Alli akibat perbuatannya itu.

Ia juga dijatuhi hukuman denda dan harus mengikuti pelatihan agar tidak mengulangi perbuatannya itu.

“Dele Alli juga dijatuhi denda sebesar 50.000 poundsterling dan harus mengikuti pelatihan tatap muda setelah melakukan pelanggaran aturan FA no E3 mengenai unggahan media sosial di Februari 2020.”

Dalam pernyataan resminya, Alli menerima penuh semua hukuman dari FA. Ia juga meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya itu.

“Mengenai keputusan yang diambil FA, Saya ingin sekali lagi meminta maaf atas tindakan saya yang membuat banyak orang tersinggung. Pada saat itu saya membuat lelucon yang tidak dipikirkan dengan matang mengenai virus yang sudah memberikan dampak kepada kita semua lebih dari yang bisa kita bayangkan.”

“Saya bersyukur FA tidak mengkategorikan aksi saya itu sebagai tindakan rasisst, karena saya pribadi menentang rasisme dalam bentuk apapun. Kita harus berpikir dahulu sebelum mengeluarkan kata-kata atau tindakan dan kita harus memikirkan apa yang dirasakan orang lain.” ujarnya.

Hukuman ini membuat Alli resmi tidak bisa bermain di laga comeback Tottenham.

Sang gelandang harus melihat teman-temannya berjuang saat menjamu Manchester United pada tanggal 20 Juni nanti.